Laman

Kamis, 03 September 2015

PROBOLINGGO


Ciri Khas , Makanan , dan Budaya Probolinggo

Probolinggo adalah salah satu kota di jawa timur , probolinggo terkenal dengan sebutan kota mangga. Mangga ciri khas probolinggo adalah mangga arum manis dan mana lagi. Sudah banyak orang yang tau tentang mangga tersebut , penyebarannya juga sangan luas meliputi kota surabaya dan sekitarnya. Selain mangga ada anggur juga termasuk khas probolinggo , keduanya menjadi ikon kota probolinggo. Anggur juga tidak kalah terkenal dengan mangga , ada beberpa jenis anggur yang berasal dari probolinggo yaitu meliputi anggur Prabu bestari , belgi dll. Para pedangan mangga dan anggur sering kita jumpai di sepanjang jalan kota probolinggo.
Mangga Manalagi

Anggur Prabu Bestari
                Kota probolinggo juga dikenal dengan sebutan kota pesantren , yang dimana ada beberapa pesantren yang terkenal dikalangan masyarakat probolinggo sendiri maupun masyarakat diluar kota probolinggo. Salah satu pesantren yang terkenal adalah pesantren Zainul hasan genggong.
                Wisata yang terkenal di probolinggo adalah wisata gunung bromo, begitu banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk melihat keindahan gunung bromo. Di probolinggo juga mempunyai
budaya ucapara Kasada , upacara kasada untuk memperingati pengorbanan seorang Raden Kusuma anak Jaka Seger dan roro Anteng. Selain itu upacara ini dilaksanakan oleh masyarakat tengger untuk meminta keselematan dan berkah. Upacara ini dilaksanakan padat tanggal 14 s.d. 16 bulan Kasada atau saat bulan purnama tampak di langit secara utuh setiap setahun sekali.
Upacara Kasada
                Probolinggo juga mempunyai beberapa kesenian yang membuat warga probolinggo maupun wisatawan menarik untuk melihatnya, salah satunya adalah petik laut. Tradisi Sya’banan. Tradisi ini berasal dari masyarakat yang bertujuan untuk menyambut hadirnya bulan puasa. Biasanya pada tanggal 15 bulan Sya’ban (15 hari sebelum bulan puasa tiba) masyarakat hadir dengan membawa makanan dan bersuka cita sambil duduk-duduk di tepian pantai menikmati panorama laut yang tertimpa sinar bulan purnama. Tradisi seperti ini sudah dilakukan oleh masyarakat setiap tahun. Sehubungan dengan tradisi itu diadakan lomba balap perahu (Petik Laut). Pada umumnya petik laut diikuti oleh masyarakat probolinggo di daerah pesisir , ketika acara ini dilaksanakan tidak sedikit warga yang melihatkan , karena memang tradisi ini adalah tradisi unik yang kita jumpai di kota probolinggo.

Sumber : web 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar